Mesin Pencari Paling Andal

Minggu, 06 April 2008

Jam digital dengan AT89s51



Untuk ujian kompetensi kejuruan anak-anak SMK Elektronika Industri. Beberapa bulan yang lalu saya buat prototype Jam digital. Lumayan lah untuk pemula di mikrokontroler.
Cuma itu lho pengawatan untuk bagian display agak ruwet..... Jadi terlihat nggak rapi
lihat tuh....


Untuk mikrokontroler aslinya menggunakan at89c2051, karena waktu itu kita belum punya downloader untuk IC ini , maka terus diganti dengan at89s51. tinggal merubah kaki-kakinya dengan menyesuaikan port2nya.
sebenarnya dengan AT89s51, akan banyak pin-pin yang tersisa dan ukuran rangkaian menjadi lebih besar.
Satu kelemahan dari rangkaian ini adalah tidak adanya RTC, sehingga jika catu daya terlepas maka display jam kembali reset. Kita harus mengeset kembali sesuai jam sekarang.
Kelemahan di atas bisa diatasi dengan memasang battery backup, khusus pada MCU nya saja. Sehingga ketika Listrik PLN mati, MCU tetap running, dan setelah listrik hidup lagi maka display akan tetap menunjukkan waktu sekarang.
Pada proyek ini digunakan Seven Segment ukuran 1 inchi, dan bisa dicatu dengan tegangan standart 5 V. Terakhir kita gunakan seven segmen 3 inchi, dengan peneyesuaian tegangan catu daya. Yang 3 inchi ini tegangannya sekitar 8-9 Volt.
Mungkin anda perlu proyek - proyek mikrokontroller yang lain, di sini

50 komentar:

  1. bagus tuhh,, klo boleh tw, apa aja komponen-komponennya?? tolong beri responya

    kirim di email saya ahesane05@yahoo.com

    tolong yah mas

    BalasHapus
  2. Q sangat tertarik membuatnya tolong ya bantuin klo bisa tolong krim ke emailQ willistz@yahoo.co.id rangkaian,komponenya dan bahasa pemogramnya saya tunggu ya mas!!!

    BalasHapus
  3. salam kenal mas, saya ucok pingin skali belajar mikrokontroler. sementara ini saya masih sedikit mengerti. saya pingin belajar membuat jam digital tp programnya saya blm bisa. klo boleh saya diberi bocorannya??? trima kasih. salam kenal

    BalasHapus
  4. gue mau tuh..
    semua ilmu kan harus di pelajari.
    minta Listing program ama Skema rangkaian donk.
    kirim donk ke

    iloveubgt@yahoo.co.id

    makasih ya mas...

    BalasHapus
  5. oke banget untuk jam digital yang pake programer itu. saya pemula untuk microcontroler kalo bisa mohon infonya gimana sih cara memprogramnya ke IC dari computer ke IC nya.

    wassalam

    ALAM

    alamat email: alamdranie@gmail.com

    BalasHapus
  6. @ Alam, wiilyst, dyera, ucok :
    saya ngambil programnya dari situsnya wichit sirichote, tepatnya di http://www.kmitl.ac.th/~kswichit%20/clock/clock.htm
    thanks

    BalasHapus
  7. Q sangat tertarik nih mas sama jam digital tersebut, cz skarang aku lagi cari buat uji kompetensi SMK, tolong ya bantuin aku, klo bisa tolong krim ke emailQ di black21id@yahoo.com kalau bisa rangkaian,komponenya dan bahasa pemogramnya ya, saya tunggu ya!!!

    BalasHapus
  8. @ Q:
    lihat jawaban untuk Alam, wiilyst, dyera, ucok diatas comment anda
    thanks

    BalasHapus
  9. mas WIN,,saya minta daftar komponen yang digunakan + skematik rangkaiannya,bisa tidak?
    dikirim ke: sangputusanatkumara@yahoo.com

    BalasHapus
  10. terima kasih sebelumnya.
    sangputusanatkumara@yahoo.com

    BalasHapus
  11. Tlong dong Mas Win bantu Aq soaly msh bingung bgt atau dr tmen2 yg dah bs bkin tlong dong ksih tau aq selengkap lngkpya y krim aj k emailQ
    wiillistz@yahoo.co.id

    BalasHapus
  12. iya tu h gue juga tertarik , kirim dong gambar rangkaian + gambarPCB + software programnya ke jack_jss@yahoo.com aku tunggu ya thank before & after

    BalasHapus
  13. mas Win,q dpt tgs dari dosen bwt alat yang berbasis mikrokontroller, tp q ga' ngrti sm skli. tlong dong ksh tw slngkp2ny gmn cr mmbwtny.. tlong krimim k email: kherni_xsist@yahoo.com
    aq tggu y mas scptnya. thx b4

    BalasHapus
  14. bagus banget ya, gue juga tertarik , tolong kirim dong gambar rangkaian + gambarPCB + software programnya ke luckyboy43@ocketmail.com aku tunggu ya thanks

    BalasHapus
  15. wahhh mantep nih bwt tugas kuliah proyek gw..
    minta rangkaian,komponenya dan bahasa pemogramnya yang lengkap dong mas, plizz!!

    kirim ke my_losel@yahoo.com

    di tunggu mas yaaa...

    BalasHapus
  16. pak win sebenarnya apa yg dimaksud dg mikrokontroler?
    tolong kasih tahu
    terima kasih

    BalasHapus
  17. bagus banget tuh...

    pak, saya ada tugas tuk buat jam digital tapi saya tidak tau harus mulai dari mana, tolong bantuannya

    ditunggu bantuannya di aridho16@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  18. boleh juga.........

    BalasHapus
  19. salam kenal sebelumnya mas,
    saya engchos, tertarik dengan tutorial jam digital dan pingin sekali belajar

    bisa minta rangkaian, komponen serta
    bahasa pemrograman

    dikirim ke : engchos_08@yahoo.com

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  20. kalau boleh saya tau, saya mohon sekali...

    ap nama IC yang di pake??
    dan gambar jenis rangkaiannya di papan pcb

    kirimkan di: febiiy_sanchez@yahoo.com

    trima kasih sebelumnya..

    oohh.iya ini juga menyagkut saya NAIK ATW TINGGAL KELAS

    BalasHapus
  21. meita
    bagus sekali untuk aplikasi jam digital tersebut
    selain aplikasi diatas, saya juga ingin mempelajari bagaimana cara tulisan berjalan pada 8 buah atau lebih 7segmen dengan mikro AT89S51

    kirim ke absariemeitha@yahoo.co.id

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  22. wew kirimi donki skema am programnya k daniel_ikkonen@yahoo.com..
    mw coba ne...

    BalasHapus
  23. mas,mhon diksih dta2 pmbuatan mlputi komponen,Rangkaian n lay outnya.
    mail sy supernova_3sty@yahoo.com

    BalasHapus
  24. saya tertarik banget nih...bisa gak bos kirimin skematic+PCB+software program+program+komponen yg terpakai....

    untuk software skematic dan PCB saya biasa menggunakan protel dan track maker bos...

    email ke : cokdnova@yahoo.co.id
    sebelum dan sesudahnya trims bos...

    BalasHapus
  25. mas no hpbrpa dr ali_ali_santoso@yahoo.co.id

    BalasHapus
  26. bos tolong dikirim dong , rangkaianjam digital dan programmnya, tolong bos buat TA neh bos. terima kasih.
    tolong kirim ke mhdyasseen@yahoo.com

    BalasHapus
  27. saya tertarik ngan ciptaan tersebut.boleh tak kirimkan gambar litar skematik,PCB,software,program dan juga komponen yang digunakan.kalau boleh saya nak tahu ape fungsinye skali.saya harap sangat awak dapat bantu saya.sila hantarkan ke penyu_trg87@yahoo.com

    BalasHapus
  28. Yth, Mas WIN, mas WIN saya mau juga dong buat jam digital yang ada menit sama detiknya, tapi masih awam, minta bantuin program mikro AT89S51 sama layout PCB dan skemanya trus sama daftar komponennya, untuk tugas akhir, smoga mas WIN bisa membantu saya melalui e-mail : ekodsp@yahoo.com, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan beribu2 terima kasih.

    BalasHapus
  29. pak sy ada skema jam digital tp gak mau tampil kira kira salah dimana....mohon kirim gambar berikut prgram hexnya ke email sy shiddiq@ptwahyu.com atau shiddiqdiana@yahoo.co.id sebelumnya matur nuwun banget maklum penasaran.....

    BalasHapus
  30. pak saya bolek minta programnya gak? kaluw bolek kirim ke email saya yosef.kurniawan.k@gmail.com. makasih

    BalasHapus
  31. lam kenal, say minta skema nya kalo boleh saya mau mencoba membuatnya mumpung ada dananya untuk sekarang ini.
    fajar_jheroo@yahoo.com

    BalasHapus
  32. kenapa yach, kok banyak yang minta dikirimi ke e-mailnya? padahalkan dah di kasih tau linknya! moso maunya disuapin aja sih.......

    BalasHapus
  33. Mas Tolong dong kasih tau Programnya,,, Sudah saya cari2 tapi gak juga dapet...
    email saya : oqa_tullowh@yahoo.co.id

    BalasHapus
  34. Mas minta gambar rangkaian dan programmya donk, Kalau displaynya diganti seven segment 5 inchi ada komponen tambahan gak dirangkaian?
    email saya: nurfath@gmail.com

    BalasHapus
  35. kunjungi ja www.jamdigital-jupiez.blogspot.com

    BalasHapus
  36. boleh tuh bagus juga kebeneran saya dapat tugas kuliah dari dosen buat jam digital....
    kalo bisa kirim ja kesini ya rq_thea@yahoo.co.id.....
    please,,,,

    BalasHapus
  37. mas minta gambar rangkaian dan komponennya donk,skalian ma programnya juga lo ada,hehehe...
    ke grand2512@gmail.com

    thanks B4

    BalasHapus
  38. o ya mas lupa, pemasangan battery backup, khusus pada MCU nya tu gmn caranya??

    grand2512@gmail.com

    BalasHapus
  39. Maz aku bh minta rangkaian dan daftar kompnennya aku pingin buat
    aku nak mts almaarif 01 singosari malang skrag aku menduduki kls 2f tlong krimi ke fbq: Naufale Pengend Cienta atau ke emailq:dimas34drankness@rocketmail.com

    BalasHapus
  40. mas minta gambar rangkaian dan komponennya donk,skalian ma programnya juga lo ada,hehehe...
    tolong kirim ke:
    toyo.tronic@yahoo.co.id
    sebelumnya makasih banyak.

    BalasHapus
  41. mas, saya juga minta gb. rangkaian dan list programnya. kalau bisa kirim ke wafrz01@gmail.com, keren, thanks gan!

    BalasHapus
  42. mas bisa minta rangkaiannya???kirim ya ke almt emailku???agung_doyo@yahoo.com...thx

    BalasHapus
  43. boleh minta programnya ga?

    BalasHapus
  44. minta schematic lengkap dengan programnya...
    thank's...

    adek_germo@yahoo.com

    BalasHapus
  45. permisi mas saya mau tanya...saya buat jam digital kayak punya mas kok gak jalan yaa?

    BalasHapus
  46. mas saya boleh minta tlog gak?saya boleh gak mas minta program jam digital nya?
    kirim di e-mail saya...irwanelectronic@ymail.com

    BalasHapus
  47. permisi mas saya numpag tanya..saya boleh gak minta program jam digital tersebut+sekema buat tugas akhir..e-mail saya...erlinim@yahoo.com

    BalasHapus
  48. jika sangat tidak merepot kn, saya mohon dunk skematik sama programnya. email saya budi.hasian@ymail.com. sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
  49. ada tak report penuh projek ini????kalau ada saya boleh....saya cgt2 memerlukan....plizzz

    BalasHapus