Mesin Pencari Paling Andal

Selasa, 23 September 2008

GAMMA MATCH UNTUK PEMANCAR FM




Dari berbagai macam antenna FM homebrew, salah satu yang banyak dipakai teman - teman homebrewer adalah antena dipole 1/2 lamda. Namun sering kita lihat, dipole mereka langsung di"feed" dengan kabel transmisi. secara teoritis dipole sederhana 1/2 lamda mempunyai impedansi input sekitar 72 Ohm, cocok dengan kabel transmisi 75 Ohm.

Tapi perlu diingat bahwa dipole dasar, kalau dilihat konstruksinya bersifat balanced/seimbang, sedangkan kabel kita ( coaxial ) adalah UNbalanced. idealnya perlu BALUN (dari balans ke TAK balans). Dengan perbandingan 1 : 1.

Dengan tambahan Gamma Match pada dipole, kita bisa men"feed" antena kita dengan kabel 50 Ohm langsung, misalnya RG-08 . Dan bisa di"adjust" agar impedansi input mendekati 50 Ohm UNbalanced.

Dengan cara menggeser-geser gamma rod ( shorter bar ) sehingga didapatkan SWR terendah.

Dari gambar teoritis terlihat Capasitor variabel yang diseri dengan Gamma rod, dalam praktek untuk capasitor agar praktis, kuat dan tentu saja tahan air. digantikan dengan inner konduktor kabel coax RG-8 + dielektikumnya yang dimasukkan ke dalanm pipa aluminium 3/8" sebagai gamma rodnya.

Potong Kabel RG-8 sekitar 21 Cm, buang ground shield + jacketnya, tinggal inner konduktor + dielektrikum.

Masukkan inner + dielektrikum tadi ke aluminium 3/8 ", kupas ujung konduktor sekitar 1 cm gar bisa disolder.
Rasanya lebih jelas bila langsung dlilihat konstuksinya.
Konstruksi ini berasal dari Mas Ibrahim Noor ( bang Ahim ), makasih Infonya bang sekalian minta ijin untuk diposting.....foto-foto selengkapnya bisa dilihat di situs Bang Ahim ini



96 komentar:

  1. waah..seru tuh pk win, klo di bandingkn antena 5/8 gmn hslnya bagusan mana?

    BalasHapus
  2. Secara teoritis seimbang, kelebihannya, dengan dipole ini kita bisa men"stack" sampai beberapa Bay. contoh dipole 4 bay mempunyai gain 9,1 dBi(info dari web ).

    BalasHapus
  3. biasanya tmn2 kesulitn bwt power dividernya(bagi pemula kyk saya),mgkin pk win bs postingin cara bwt power dividernya u/ beberapa bay,apkh sm dgn dipole 1/4 lamda sprt yg d jlskn mas isur?

    BalasHapus
  4. ya betul Mas purna, sama dengan mas ISUR

    BalasHapus
  5. Pak guru... salam kenal dari jambi. Maaf nanya dikit.. Gamma macth yang konstuksinya membentuk huruf i (kayak gambar diatas kali ya) jika dibanding dengan yang bentuk huruf v, mana lebih bagus pancarannya?

    BalasHapus
  6. saya pengen belajar banyak tentang antena pak win, bisa gak saya tahu alamat bapak lebih lengkap, saya juga tinggal di jombang neh kalau boleh tolong kasih tau lewat email saya ya pak atok_jombang@yahoo.com trimakasih sebelumnya pak

    BalasHapus
  7. for Sawa;
    salam kenal juga, maksudnya VEE DIPOLE atau "sierra" double dipole untuk fm broadcast itu ya?
    gainnya lebih tinggi dipole yang lurus kayak di atas.

    for Atok:
    Mas Atok di jombang, salam kenal, terimakasih udah mampir di sini, saya juga terus belajar dan selalu bertanya ke sana-sini. InsyaAllah saya kan menjawab sebatas yang saya tahu. Senang sekali jika blog ini bisa digunakan berbagi pengetahuan and pengalaman di antara para homebrewer, bukan hanya dari saya saja.

    BalasHapus
  8. Met idul fitri pak win. Salam untuk keluarga. Mohon maaf lahir batin.

    Cerita dikit nih. Minggu lalu saya berkunjung ke radio komunitas Mitra FM di kec. Talun Kab. Blitar Jawa Timur. Mereka menggunakan antena gama-match dengan ketinggian tower 25 meter dan kabel RG-8 26 meter. Bisa nyampe tempat saya yg jarak lurusnya +/- 8 km. Cukup terkesima dengan radio ini. Meskipun di radio saya signalnya agak kurang mantep tapi masih bs didengerin. Dulu signalnya lbh bagus krn pake 2694 (80 Watt). Tapi krn mletus lagi (sdh 5x ganti dlm 2thn) ya terpaksa cm pakai 25 Watt. Itu aja pake SWR Maldol (yg harganya 100rb) keluar 30 Watt dg SWR 1,3. Kata pemiliknya (pak iswanto) dia lbh seneng pake SWR 1,3 krn lemparannya lbh jauh dan tdk membuat transistor cpt panas. Ini berbeda dg kebanyakan teknisi. Dan dia menambahkan kalo pemancarnya yg pake 2SC1946 ini bs nyampe 25 km. wow.. Osilatornya pake 5 watt biasa -- 2053 -- 1970 -- 1946 (3 tingkat).
    Btw, pak win pnh mencoba BLF 278 ? bagus ga? saya rcn mau beli pemancar 300 Watt. Kata perakitnya biasanya yg paling awet 1 thn baru ganti mosfetnya. Hmmm....1,25 jt.

    BalasHapus
  9. harusnya pemancar solid state /transistor/mosfet tidak perlu diganti selamanya selama nggak rusak, beda dengan tabung yang habis emisinya.

    kalau 2 tahun, ganti transistor 5X, sudah kelewatan tuh. mungkin komponen2nya nggak dirancang untuk broadcast.( untuk brik2-an mungkin ).

    BalasHapus
  10. Boss.5af mau tanya. Bagusan mana T-match dgn gama match. Aq ada pmcr 100watt, apa bisa pake gama math atau apa yg maksimal pancaranya. Minimal brp bay utk gama match, buat pwr devidernya gmn? 5af tlg dbntu. Sklian ptjuk pmbtan antena 2x 5/8 lambda.Makasih. Lupa ini emailx remogtbk@gmail.com

    BalasHapus
  11. Podo wae nak.. kedua antena sing bok maksud penguatane podo, tapi semuanya tergantung dari setting ant tersebut, cuma kalau gama match lokal biasanya kalau sudah pakai power agak besar / 250 Watt keatas gak akan tahan atau gama-nya leder / kobong, maklum terbuat dari innernya kabel. Lain kalo build-up, gama-nya terbuat dari bahan keramik. Tapi kalau cuma beban 100 watt aja gak masalah. Sebenarnya ketahanannya terhadap beban power lebih bagus pakai sistem T-Match walaupun pembuatannya agak sedikit ribet bagi pemula. Yang jelas minimal 1 bay, kalau pakai 4 bay akan dapat penguatan 3.5-dB sedang 6 bay 5-dB.Jadi semakin banyak bay semakin besar pula penguatannya..ok... cah ganteng... Tapi harus pergunakan Power Devider. Untuk Power Dediver sebentar lagi akan akan di Upload pak Win, tunggu saja pokoknya.....kekkekekekekekek........ Opo mas Tio tak kirimi antena terus aku dikirimi Gudeg Jogja piye.. barter ngono critane..hehehehehhehehehhehe......

    BalasHapus
  12. Nich mau meluruskan tulisan mas Purba.... dalam teknik antena itu skala SWR itu semakin kecil semakin bagus, jadi gak ada ceritanya bahwa skala SWR 1.3 lebih bagus dari pada 1.0 atau 1.1 ...ini logika dan teknik mas...

    BalasHapus
  13. BETUL SWR YANG BAGUS 1:1 RETURN LOSS-nya >25db...

    BalasHapus
  14. salam elektronika Boss.
    Wah Gak sabaran neh, nunggu artikel tentang power divider n perhitungan pembuatan kabel JUMPER nya. kl boleh sih kirimin ke mulia.nurs@yahoo.co.id ntar qt bales deh dengan dodol durian khas kalimantan barat. tq.

    BalasHapus
  15. Satu lembar artikel tentang power Devider diganti berapa kotak dodol yaaa.... ????? mau aku..... kikikikkikikiikk...serius lhooo..

    BalasHapus
  16. kalo antena FM yang model J-Match gmana? baguys gak? trus yg model dipole gmana, bagus ngak baut pemancar?
    aan

    BalasHapus
  17. weh saya juga nyoba antena gm mact 2 elemet lumayan juga ...http://www.radiomadufm.com/index.php?name=coppermine&file=displayimage&album=9&pos=13


    salam buat temen temen dari kami radio komunitas madufm
    http://www.radiomadufm.com
    strimeng http://live.radiomadufm.com:8550/listen.pls rekomendasi dengan winamp
    ym madufm_trenggalek@yahoo.co.id
    madufm_1077@yahoo.co.id
    radio_madufm@yahoo.com
    hp 0813354603

    BalasHapus
  18. Mana Neeh Power divider beserta kelengkapannya. koq gak muncul-muncul? dodol duriannya ampe karatan neh? seribu rius malaah....

    ditunggu di Mulia.nurs@yahoo.co.id

    BalasHapus
  19. om win saya tejo di lampung ,kami berencana membuat radio komunitas di desa kami,kami punya pemancar mini menggunakan transitor c1970
    sebagai penguatnya (karena tr c 1971.2946 sangat mahal sktar 150 rb (1971) 250rb =2946) bisa enggak pemancar kami menggunakan gamma macth,trima kasih

    BalasHapus
  20. @tejo di lampung:
    Bisa sekali mas tejo, dicoba aja, kalau ada masalah bisa kita diskusikan di sini, insyaAllah di sini banyak penghoby radio komunitas yang parkir .thanks.

    BalasHapus
  21. Tambahan informasi antenna model gamma match juga di produksi RVR diberi type AJ1E
    informasi gain:
    - 1 bay: 1db
    - 2 bay: 4db
    - 4 bay: 7db
    - 6 bay: 8,8db
    - 8 bay: 10 db
    Semoga bermanfaat untuk pecinta RF
    www.inacast-pemancar.com

    BalasHapus
  22. Permisi oom semua,sy mencoba jawab aan ttg antena J MATCH. Antena ini sekarakter dengan antena Ring-O,yang mengandalkan radiasi vertikal,cuma yang membedakannya L matching yang biasanya pakai coil/email/kwt perak dsb digantikan oleh elemen batangan terusannya yang melengkung,disitulah titik matchingnya. Mengingat konstruksi yang kelewat praktis( tanpa radial) antena ini gainnya tentu sedikit dibawah Ring-O,tapi tak ada salahnya anda mencoba khan? Dhimas Cilacap.

    BalasHapus
  23. maaf pak Win dan teman-teman,, apakah ada yang punya transistor 2sc2630 dan mau dijual? kalau seandainya ada,mohon kasih tau saya di dhimas_adhy@yahoo.co.id ya. karena saya udah lama turun dari udara karena masalah transistor,dan sekarang pengin banget naik lagi,,,tetapi cari 2sc2630 di jogja susah banget, setiap toko tak tanyain pada gak ada yang punya..saya tunggu informasinya.. terima kasih.

    BalasHapus
  24. Di pasaran masih ada 2sc 2630 harganya tapi sekarang ruarr biasa Rp 450 ribu,mau mau mau ???

    BalasHapus
  25. BLF 278 Phillips Mosfet Transistor

    Description

    * MOSFET, N, VHF, SOT-262
    * Transistor Type:MOSFET
    * Current, Id Cont:18A
    * Resistance, Rds On:0.2ohm
    * Voltage, Vgs Rds on Measurement:10V
    * Case Style:SOT-262A1
    * Power, Pd:500W
    * Temperature, Storage Max:150°C
    * Temperature, Storage RoHS Compliant: Yes

    Harga : 800rb/pcs

    Eko santoso
    Jogja : ekosanto7878@yahoo.com

    BalasHapus
  26. dari pacitan bro... met kenal

    BalasHapus
  27. Buat smua...mo tanya nih ada yang tau rumusnya buat antena Hig Gaint nggak?....
    aku monyoba buat antena femancar fm.
    Soalnya di radio 2M/HT antena trsbt sangat bagus dan murah.
    Misalnya bahannya pakai pipa tembaga rumusnya bagaimana ?...
    Kalo pakai Kuningan ?.....
    Aluminium ?......
    Makasih buat smua

    BalasHapus
  28. Artikel PD banyak bro ga perlu pake tuker2 dodoll, sekarang uda bukan barang langka, kalo ada yang mo nuker pake dodol, mending duit buat bayar tagihan speedy atau flash ya ya ya... iyyyaaa... pengen gampang tanya mbah google ato mbah bing....

    BalasHapus
  29. kaya'e bing lumayan juga buat new search engine

    BalasHapus
  30. endokmu..........

    BalasHapus
  31. selamat yahmene p.win and pren smua...

    klo p.win ato temen2 jatim da yang bisa eprom motorola GM 300 ksih info ke aku yo..

    suwun...suwun...
    w_kingradio@yahoo.co.id

    BalasHapus
  32. buat para master master pemancar,ane mo nanya klo masang antena 2 bay gamma mach gimana caranya?jarak antara antena yang atas sama yang bawah penghitungannya gimana??trus kabel yang masuk ke power divider gimana menghitungnya?apa posisi power divider berpengaruh?terima kasih

    BalasHapus
  33. halo semua salam kenal.. pemacar mf..! wah mengiatkan saya pada jaman th 1994-1998 saya pada tahun itu hobi yg namanya bikin pemancar. atau sering di sebut briker. pengalaman saya dulu saya saya menggunakan transitor 1971 72 dan 1946, dulu saya menggunakan pcb aga tebal memang. dan cara bikin nya saya garis pakai cater. tp maaf saya lupa semua secemanya.. cuman gambaran saya saja. dulu saya cuman pakai bosster tr 1946. saya pararel 2 kalu di frekuesi 88-108 bisa keluar 80what. dengan trafo power 30 amper. tp jika saya pakai untuk boster ht cuman keluar 50 an, what. dulu memnag nyepret di tv. tp saya cun up lg mur2 saya tambahin pada pcb, jika ground nya kuat jarang nyepret. dulu saya pakai 1 pengarah dan nyaris rapat untuk anten. pakai gamamet 7 elemen. maaf saya juga lupa ukurannya. kabel saya pakai rg8 sepanjang 25 meter. dan kabel nya usa kalu tidak salah. yg penting kabel pada ground rapat. untuk inner anten sya juga lupa ukurannya. dan untuk iner anten saya menggunakan tembaga kalu dulu saya pakai tembaga dari meteran listrik jaman dulu. saya ambil di meteran saya tembaga ground. saya kroum kan pakai emas. biar bisa mecing, tp lupa juga ukurannya. dan hasilnya luar biasa, bisa lumayan banter,
    untuk setreo kalu ku lihat di sini pakai ic 2 ya? saya dulu untuk setreo pakai transistor 4 dan 1 tp lupa juga sekemanya, emang bikin setero tidaklah mudah, jika tidak pas memang kelihatannya udah jadi dah bisa setero tp jika di buka pakai radio setero asli. kebanyakan ngejos ya? kalu di putar volume kecil bagus tp kalu di putar keras dia desis nya tinggi, itu yg pernah saya alami. ada juga setreo bagus coman buat brokesting saja tp untuk fokal hilang suara, kalu untuk setereo memang susah, pemancar ga mecing. setereo bubar biasanya, dan untuk mersatukan frekuensi saya dulu juga pernah pakai transitor kristal pada bagian depan.pemancar lupa nama kristalnya. dan gunaknlah swr cuner. ya cuman itu dulu yg saya pelajari. karna maklum udah lumayan lama dan lupa lupa ingat . kayak lagunya kuburan band. hehehheheh salam kenala jiendro jogja

    BalasHapus
  34. nambah lagi pak win?? untuk di jatim sendiri ini. di gunakan sekarang pakai apa? buat comunitas radio resmi atau comunitas radio antar penduduk atau di sebu briker?? kalu di jogja sendiri maslahnya briker peng huni frekuensi 88-90 udah tidak ada nyaris hilang karna radio resmi ter tutup radio resmi. itu saja pengalaman dari saya semoga ber manfaat..
    jiendro@yahoo.co.id www.kulonprogo.net

    BalasHapus
  35. @ jiendro:
    terimakasih Mas udah mampir and berbagi pengalaman bereksperimen di band FM, indah sekali rasanya mengenang masa lalu , waktu kita bereksperimen RF, baik di 80 meteran atau mungkin FM.

    kala itu yang namanya lelah rasanya hampir tidak ada, eksperimen terus, dan satu lagi yang bikin rindu , itu lho GUYUP RUKUNNYA rekan-rekan sesama penghobi.
    saling bantu, tanpa pamrih apa-apa. ramai-ramai kumpul-kumpul ndirikan antena.dan saling berkunjung he...he...
    jaman sekarang , sulit deh ....kayak gitu
    Gimana mas Jiendro...setuju?

    BalasHapus
  36. salam buat semuanya. tilong aku donk, ada yang punya Ic cintrol untul Ic LC72130 apa gak ya? serinya berapa ya? tolooooooooooooooooong ya. kalo ada yang tau hub saya di 082893493657. mkash sebelumnya ya

    BalasHapus
  37. jangan nanya ke mamah loren ataupun ki jokobodo tabung rusia terbukti lebih murah dibanding mosfet ataupun transistor power lebih besar mau coba gs35b bisa 2kw gi7b bisa 0,4 kw

    BalasHapus
  38. Weh weh wehh, tapi inputnya njaluk gedhe bosss

    BalasHapus
  39. harganye hampir 4 juta... hehe

    BalasHapus
  40. betul input gede sesuai dengan output nya 6o watt drive bisa 1500 watt tegangan plate 2000 volt. ya harge 4 jt dibanding mosfet 1200 watt harge berpapa mas ????? masih jauh vswr tidak rikan sampai 1.8 siap tempur mosfet berani kagak........................ sampai bolak balik ngitung pasti lebih murah tabung gs35b mau racing tetap takan mampu ........... he.e..e he........

    BalasHapus
  41. Boleh kayae neh. Memang mosfet kurang bandel ketimbang yg laen.

    BalasHapus
  42. Lam kenal om Win..
    smoga selalu sukses,tbh pinter,dan smakin royal dlm bagi2 ilmu.
    salam uprek2.

    BalasHapus
  43. Dicari pll fm yang sipel dan bisa di andalkan hub : mazsion@gmail.com

    BalasHapus
  44. sekedar nambahin. ni transistor pengganti yg bisa dipake di fm. murah meriah dari pada beli 1971 yg harganya udah melangit. ni transistornya 2sc2166 2sc1945 2sc3133 2sc1969 yang semuanya bekerja di 27 mhz. tp masih bisa dipake di fm. salam briker jogja... dudung

    BalasHapus
  45. @dudung : makasih infonya mas, betul mas, rekan2 breaker fm di jawa timur juga sudah lama pake 2sc2166, 2sc1969, 1945, 2sc2094, 2sc1162, tapi karena banyak yang cari 1969, dan 2166, maka sekarang harganya juga mahal. 69 paling murah 20rb, 2166 paling murah sekitar 35rb (lebih mahal dari pada 1969 yang power output lebih besar).

    Blm tau kalo didaerah lain di jawa timur laennya. bisa lebih mahal atau lebih murah. tergantung jumlah komunitas yang make tr tersebut. semakin banyak yang make harga akan semakin mahal tentunya.

    BalasHapus
  46. Lam kenl..?
    Saya asep dri banjar
    Mau tanya ma smua pecinta fm knapa yg namanya harmonic susah d hilangkan? Trus bagai mana caranya membuat daipole yg dua elemen bisa mecing biar memancarkan sinyalnya bagus

    BalasHapus
  47. memang mosfet kurang bandel tapi untuk pemula dan yang gak bisa match kan antenna swr di bawah 1,3

    BalasHapus
  48. 2sc2166 di jogja umumnya harganya 17 ribu, kemarin aq dpt disalah satu toko cuma 5rbu mungkin aj penjual nya belum update harga. aq coba kasih input 2053 buat mendorong 2166 dgn memakai osilator tuner fm bisa keluar sekitar 3watt. kalo aq pake input 1970 buat mendorong 2166 bisa keluar 8watt

    BalasHapus
  49. Bravo breaker FM Bung dudung...!!

    BalasHapus
  50. pak win tolong gambarkan
    skema boster 3watt

    BalasHapus
  51. Dijual transistor frekwensi dari 70mhz sampai 550 mhz.untuk pemancar maupun handi talky.harga di bawah standart.seperti 2SC2667,2SC1971,2SC1338,2SC3102,2SC2313,MOTOROLA M9650.MOTOROLA M1147,1146,1148 2N6080,6081,6082,6083,6084 dan lain lain.minat hub www.jurusamudra@yahoo.co.id

    BalasHapus
  52. - 2sc1971: 75 ribu
    - 2sc2782 tanpa titik merah: 300 ribu
    - 2sc2694: 300 ribu
    - 2sc1946 kaki kuning silang bodi bulat
    made in ASI USA: 200 ribu
    - Resistor flange 100 ohm / 250 watt: 200 ribu
    minat hubungi: jual_pemancar@ymail.com

    BalasHapus
  53. yach harusnya 2782 yang titik merah 150 rblah.. yang ada titik merah ditempatku cuman 275rb

    BalasHapus
  54. kok penak men??????????????????????????????????

    BalasHapus
  55. pak guru,sy bambang,mo nanya:cara bikin antena yagi 3 elemn unt pmancar fm bgmn?
    sokor sama PD nya
    thx

    BalasHapus
  56. Dasar guuuuoblok...!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    Ya enaklahhh.. !!!!!

    Hidup itu yang dicari ya yang enak, ngapaen ada yang enak cari yang susah.

    BalasHapus
  57. ngemis aja luuuuuuuu

    BalasHapus
  58. loe yang ngemis.. klo cuman 2782 neh tinggal serokkk coooyyy...

    BalasHapus
  59. Lam kenal om Win dan semuanya..saya mo nanya nih..ada ga yg tau cara menggunakan swr analyzer MFJ-259B secara gamblang dan berbahasa Indonesia tentunya..saya bingung dgn yg berbahasa Londo...abis ga ga pernah mudik ke sono sih...hehehe...trim's

    BalasHapus
  60. katanya 2782 tinggal serok.eh...tak tau nya masih cari yang murah dasar pengemis
    bener mas yg nulis dia suruh ngemis aja

    BalasHapus
  61. ada yang jual gorengan ya disini? kok ada yang bawa serok?

    BalasHapus
  62. kampungan semua ternyata disini, loe juga ciko. makanya cari barang harus pinter2. kalo goblok dapetnya ya kena mahalaaahh.. dasar culunnn..

    BalasHapus
  63. eh bang ciko ada orang ngaku orang kota tapi juga masih kumpul ama orang kampung,hwek... hwek..

    BalasHapus
  64. Dasar Otak kerdil

    BalasHapus
  65. oh pantesan ternyata orangnya kerdil sich otaknya udang harap maklum

    BalasHapus
  66. Ya panteslah, klo mang ternyata ga cuman otak loe yang kerdil tapi muke loe tu juga asshole..

    """CIKO=ASSHOLE""" tau ga loe, orang kerdil tau apa.. hags hags hags....!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  67. ah gak usah ditanggepi mas orang itu bisa dinilai jati diri nya dari perkataan nya
    TONG KOSONG BERBUNYI NYARING
    yang waras ngalah

    BalasHapus
  68. Ya gmn mo nanggepin klo ga faham topik Wkwkwkwk..

    BalasHapus
  69. alah paling suruh buat antenna circullar sirra juga kagak bisa

    BalasHapus
  70. "circullar" itu apa? salah tulis mass, "L" cuman sattu', bukan double L, but just single L, ko cuman circular tinggal pilih apa pintanya, omb single ring double ring, MS1, t match, ZL special, F23, G7 ato apala. Asal kuat budgetnya ajjjahh loe.. klo tong kosong nyaring bunyinya itu skr udah ga b'laku lagi bung, ga semua kaya gitu tuh, itu pepatah jaman siti nurbaya kalee ckckckck... :) tutup buku ajalah, just waste time..

    BalasHapus
  71. awas ada makelar antenna (markan) mas....

    BalasHapus
  72. Wah blognya pak win keren , i like it . . .

    BalasHapus
  73. He...he... Gimana Pak Win, komunitasnya kok cermin sebenarnya dari komunitas radio FM gelap di kampung......bahasa jawanya "wong peteng" semoga kita bisa bergaul bukan dengan mereka...!!!

    BalasHapus
  74. pak caranya buat antena pemancar fm sederhanaya gmn pak? alat bahannya apa saja

    BalasHapus
  75. peteng di padangi mas,he...he...

    BalasHapus
  76. @ vAN :
    PAke aja oscillator 5 wattan ditoko2, dimdofikasi sedikit uda jadi deh

    BalasHapus
  77. salam kenal pak win,saya kagum sekali dengan kemampuan dan penguasaan ttg rf yang bapak miliki. saya singgih dan senang sekali dengan rf tapi baru belajar. saya ingin ngaji sama bapak. saya minta tolong buatkan ukuran antenna dipole gamma mactch yang untuk mancar ke sgala arah (omni directional)kalau bapak berkenan atau antena groundplane yang bagus beseta cara buat loading coilnya. aku di desa jadi susah cari info. pemancar saya pake c1946A dan meke frekuensi antara dari 88mhz kebawah sampai 75Mhz.atau saya minta rumusnya untuk menentukan panjang gamma matching device untuk frekuensi yang diinginkan. sebelumnya saya ucapkan terimakasih sekali atas batuannya. tolong di email ke : singgih.susilo@ymail.com maturnuwun sanget bantuanipun pak Win...

    BalasHapus
  78. Di Desa mana pak, masa di desa ga ada yang aluminium, saya jg dari desa pak karena pernah keterbatan raw material/bahan baku, saya bikin antenna dari kertas grenjeng rokok saya coatingkan/ saya lapiskan ke bambu (carang pring, saya bikin dipole panjang 86 cm (atas bawah sama panjangnya), dengan spaci 1.7 cm. Lumayan udah bisa mancar lhooo...

    *MENCOBA BERPIKIR KREATIF KALO KEFEFET.. :)*

    BalasHapus
  79. kwakkwak22222.......(carang pring!!!!)

    BalasHapus
  80. Joko Gondrong27 April 2010 22.17

    Carang Pring Antenna is the best quality Antenna.. kwkwkwkwk.... !!!

    It's made from special bamboo rod, somehow it's in accordance with the word wide antenna standard (HAM Radio or IEEE standard) Hihihihi... So please don't trifling this one..

    KAmprettt... ono ono wae.. Antenna ko teko Carang pring rek rekkkk..

    BalasHapus
  81. Met sore semua, Ada yang tau 2sc2782 yang original yang gimana? kalau ada yang tau bisa kasih bukti dan alasan yang kuat. Suwunn..

    BalasHapus
  82. Saya masih baru di hobby mengenai antenna dan pernak-perniknya... Mohon penjelasan teman2 mengenai instalasi antenna Diamond F23 ? Gimana cara settingnya misal digunakan bekerja di frequensi 145.500 MHz, yg harus di potong bagian mananya, batang tembaga-nya atau lilitannya? Klu di baca di spec-nya tertulis : 144 MHz - 146 MHz, artinya apa klu tdk dipotong batang tembaganya,bsa bekerja di frequensi 144 MHz-146 MHz secara sempurna? Baca di cuting chart-nya tertulis pd posisi 145 MHz nilai swr-nya 1 :1 Antenna F23 ini terdiri dri 3 batang, yg bagian paling atas kawat tembaganya bisa dilepas dri tubing fiberglassnya, bagian tengah jga bsa di lepas, nah yg bagian paling bawah,gak bisa dilepas. Katanya kalau mau setting ke tiga2 nya harus di potong di dikit2 ? Misal gk usah dipotong, lgs dipasang,apakah bsa di jamin aman bekerja di 144 - 146 MHz? maap yaa..banyak tanya,maklum masih baru gituuu....., ditunggu sharing teman2 di sini, mah kasiih

    Salam pemula

    Samid

    BalasHapus
  83. gue pengin kenal pada semua
    salam kenal tuk semua YAAAAAAAA,,,,,,,,,

    BalasHapus
  84. Salam kenal buat Pak Admin
    juga buat semua Teman yg berada disini.
    Numpang belajar, newbie ikutan gabung.
    Website blog nya nya mantap Pak ... salut.
    Salam Harisa FP

    www.hitech-forums.com

    BalasHapus
  85. pak win salam dari pacita aku punya tx fm 60 wt menggunakan antena gm mact. trus apa bila di tambah 1 lagi(jadi 2 bay) lbih bagus /krng bags and apa badanya? mohon di blas pak..... taxs....

    BalasHapus
  86. lam kenal om win,saya fathur,dari Kalimantan Selatan.sy punya vertical diamon f23,tapi matcingnya 1:1 di frekwensi 146.... sedangkan saya maunya matching di 144.480,0.gmn cara matchingnya om???mohon beri petunjuk,trims

    BalasHapus
  87. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  88. Hapus Komentar Dari: Pemancar FM

    Blogger suartana (soekak ) berkata...

    salam kenal semuanya
    saya ada komponen C 1969 band HF bagi yang berminat ,serta trimmer porselin umtuk boster ada beberapa biji untuk ganti yang rusak mungkin <hubungi saya di
    HP 08179798786 ( Bli Suart Bali )...

    BalasHapus
  89. Askum Mas Salam Kenal Saya Abdul Hakim di Pekanbaru. Saya mau buat Radio Komunitas ... berapa belanja yg harus saya keluarkan utk pembelian perangkat pemancar lengkap ... syukran

    BalasHapus
  90. to : Mas Win salam kenal aku dr solo
    mas aku punya pemancar tv dgn TR final c1971 aku minta tlg kirimin skema dan daftar komponenBooster dgn TR 1946 dan c2630.sebelunya matur nuwun...

    BalasHapus
  91. kunjungi www.esskitcom.blogspot.com
    biar jelas semua ... hehehehe...

    BalasHapus
  92. deesprojects.blogspot.com15 Agustus 2011 21.54

    Pemancar Fm anda suara tidak stabil kadang over audio kadang pelan karena sumber lagu tidak standard,solusinya gunakan modul automatic level control harga 150 ribu
    Hub: 081234 312 56

    BalasHapus
  93. tinggal kasih lem bakar/lilin ke lilitan itu ja udah cukup. aku dah pernah coba. Alhamdulillah cespleng, hihihihi

    BalasHapus