Mesin Pencari Paling Andal

Minggu, 04 Mei 2008

Booster Pemancar FM dengan Combiner Cable


Anda bisa buat boster FM 200W dengan menggunakan dua buah boster 100 Watt yang digabung/dikombine dengan kabel coax. Ide dasarnya lihat combiner/splitter pada antenna 2M YAGI 2 BAY. pada sisi input, dari 50 Ohm di"split" menjadi masing2 50 Ohm. Pada bagian output di"combine" menjadi 50 Ohm lagi...nih PCB nya.


Model begini aku buat untuk radio komunitas di SMK Diponegoro Ploso Jombang. Anda harus membuat dua buah penguat yang sama persis dan di tune untuk input dan Outputnya: 50 Ohm . Kemudian tentu aja anda harus menyiapkan suatu alat yang bisa memecah ( splitter ) dari satu input 50 Ohm menjadi 2 cabang masing2 juga 50 Ohm, yang nantinya kita umpankan ke input masing-masing penguat. Kemudian harus disiapkan juga alat yang sama tetapi fungsinya berlawanan, yaitu combiner yang berguna untuk menggabung RF Output dari masing2 penguat menjadi 50 Ohm lagi. sehingga bisa diumpankan ke Antenna. Combiner atau splitter bisa anda buat dari kabel dengan perhitungan tertentu pula....

61 komentar:

  1. Bisa tolong dikirim gambar skema dan daftar komponennya. serta spesifikasi kalo ada penghitungan lilitannya. untuk di uji coba di SMK jur. audio video. thanks sebelumnya.
    alamat e-mail: the603h@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Salam kenal Mas Teguh, untuk eksperimen anda coba buat 2 buah booster yang sama persis, dengan daya agak kecil dulu, misalnya masing-masing menggunakan c1971 atau c1946.
    Tuninglah kedua booster tersebut masing-masing dengan dummy load 50 Ohm.
    setelah selesai, kemudian power driver anda pecah menjadi dua output, menggunakan kabel 75 Ohm, masing-masing 0,25 lamda ke setiap input boster.
    Pada bagian Output, gabunglah output booster dengan kabel 75 ohm juga, ukurannya persis seperti pada bagian input.
    Tuning sedikit semua c trimmer agar tercapai power maksimum pada 50 Ohm.

    BalasHapus
  3. PAK, SAYA MINTA DAFTAR KOMPONEN UNTUK BOSTER VHF 100.W, SERTA JUMLAH LILITAN YANG ADA.. SEPERTI DI DALAM GAMBAR. ATAS BANTUANNYA TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  4. Pak Win
    Saya kesulitan untuk menghilangkan harmonic FM saya sehingga tetangga protes, padahal saya sudah pakai LPF rakitan sendiri tetapi tetap tidak berhasil.
    Barangkali pak win berkenan mengirimkan skema lpf atau bpf untuk kisaran maks power 300 watt via email saya "sumedang_site@yahoo.com", terima kasih.

    BalasHapus
  5. @ k
    Kriesna Jumena:
    salam kenal Mas, Pemancar nyeplet bukan hanya karena frekuensi harmonisa ( frek. kelipatan ) tetapi karena adanya self osilasi atau spurious karena penguat/antena tidak linear/mismatch, bisa juga overdrive.
    skematik lpf atau bpf ada di broadcasthardware.blogspot.com coba dicari
    thanks.

    BalasHapus
  6. cobalah pakai tabung rusia misal gu-29 buat bosternya bisa keluar 80watt 1 lampu, dibanding TR C-series misal 2630 harganya mahal 2 x gu-29 bisa output 210 watt karena 1 TR C2630 harganya sama aja beli gu-29 2 biji, ngga perlu kombiner-kombineran. skema simple...hasil jossss

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar tabung trioda lebih mudah perakitannya,, tapi perlu d perhitungkan jg "tegangan kerjanya" dan lama pakainya hanya beberapa bulan jika sistem broadcast.
      www.moristo.com

      Hapus
  7. ide bagus .....patut dicoba kalau harganya segitu. menurut pengalaman dengan booster tabung memang cenderung lebih linear, dan lebih tahan terhadap overdrive dan self osilasi..

    BalasHapus
  8. Salam,

    Cuman mau menambahkan saja, semuanya bila dibuat secara terukur dan terstruktur serta memahami konsep dan karaktar kompononn secara benar maka apapun yang kita buat hasil nya akan baik dan benar.

    Menggunakan tabung sebagai komponen utama untuk booster FM juga memerlukan pemahaman dan konsep yang benar, bukan bearti ada jaminan cenderung Linier meskipun ada overdrive dan selfosilasi.

    Yang terpenting adalah sesuaikan kebutuhan dan pemahaman yang wajar.

    Salam Ahim dari Kaltim,
    inoor@slb.com

    BalasHapus
  9. BTW, mas Win, apa ada yang sudah jadi, tolong di-upload dong gambar nya.....

    Salam,
    Ahim
    inoor@slb.com

    BalasHapus
  10. Mas minta skema boster pemancar fm yang paling mudah donk.Gak usah besar-besar wattnya yg penting gak rumitRlong di emaqil di burhan_182@plasa.com. Makasih ya mas tas bantuannya.

    BalasHapus
  11. untuk mengatur booster supaya impedansinya 50 ohm itu gimana pak? kalau dituning, bagian mana yang dituning? saya pernah coba men-tune dg dummy load 50 ohm swr maldol tetapi vu swr kok masih ngangkat

    BalasHapus
  12. Mas Krisna,sepertinya problem demikian banyak terjadi diawal hobby,hanya saran saya jgn dahulu ambisius berpikir berpower besar bila akhirnya kesulitan mengendalikanny.Rakitlah dgn metode dan komponen yang lazim hingga tidak over drive.Hindari implementasi/mencoba skema rangkaian yang banyak tuning/trimernya bila anda kurang alat ukur yg memadai.Ingat dalam VHF tiap tingkatan yang resonansi sendiri sendiri komplikasinya tinggi,Yg bila diumpankan ke Booster anda sendiri bingung tuningnya. Sekarang banyak beredar skema driver/non tuning utk power dibawah 1 watt hingga mengurangi anda terjebak dalam komplikasi yang gak perlu.Bila anda sdh rakit rangkaian ini dan ditambah LPF,niscaya booster anda yang anda rakit mudah mengikuti tuningnya.Jadi yakinkan apakah pemancar mini/excitter anda bekerja dgn baik? Baru pikirkan booster.Bila anda berkenan pingin coba rangkaian drivernya sebuah info saja anda bisa pakai transistor 2n 4427 untuk 2 tingkat setelah osilator yang anda bangun pd tegangan 12-18 volt.Satu lagi keinginan anda memakai LPF saya hargai tapi jangan terlalu berharap dgn LPF bila rangkaian over drive dll.Selamat mencoba,semoga jadi broadcaster yang handal,dari saya DIMAS BAGUS ERLANGGA CILACAP JAWA TENGAH.

    BalasHapus
  13. @ Dimas Bagus Erlangga:
    thanks infonya, dan mungkin teknik perakitan juga memegang peranan penting , agar sirkuit bekerja dengan baik.
    thanks

    BalasHapus
  14. sekedar menanbahkan harmonisa tidak hanya pada peguat akhir (booster) tapi juga pada vco depan anda apakah sudah bagus dan yakin betul tidak mengeluarkan harmonisa,saran sebaiknya di frekuensi counter setiap tingkat penguatan dari oscilator sampai dengan booster penguat akhirnya,jangan sampai frekuensinya tidak center melenceng dari frekuensi yang kita inginkan,jangan jangan yang dikuatkan malah frekuensi dubblernya

    BalasHapus
  15. Betul mas Ahim.....sepertinya begitu.Keinginan mem Booster/linierkan output FM,mestinya lebih teliti dan bertanggung jawab,apakah yang kita rakit sudah benar2 sempurna bandwide dan frekuensinya serta konstruksinya.Ttg transistor C series memang sekarang terasa mahal,hanya kemudahan mendapatkannya rupanya jd acuan mengapa transistor ini begitu populer.Untuk Power menengah saja Gainnya terasa kecil,misal C 2694,utk P 75 watt inputnya 15 watt jadi hanya 5X,Padahal Power sebesaritu bila diumpankan ke Tabung GI 7 B bisa keluar 350 sd 400 watt. Atau ke Mosfet sudah tembus 500 watt. Hanya saja peggunaan tegangan tinggi menjadikan konstruksi tabung KALAH POPULER, ketimbang transistor. Tapi keduanya menghadir keASYIKAN tersendiri bila kita merakitnya.Pak Heri di Trenggalek salam dari saya DBE Cilacap.

    BalasHapus
  16. mau tanya beban maksimum kabel rg 8 sama rg 58u,saya pake boster 2sc2630x2,apakah kabel rg 58 masih bisa di pakai??

    BalasHapus
  17. mo....nanya..nih...aku punya pemncr RVR VJ 100,sy udah Ganti tbung 3 CX 1500,tpi outx 400 watt,gk bisa cpai 500 w,pdhl sblumnya 1KW,tbung emisinya msih,tolong solusinya pak

    BalasHapus
  18. @DIMAS BAGUS ERLANGGA CILACAP:
    thanks Bro, mantap sekali komentarnya.
    kalau ngomongin tabung ingat waktu dulu kita main-main di 80 meteran. Cuma sekarang, anak-anak muda jarang yang belajar tabung. memang di kurikulumnya nggak ada, lebih bergeser ke digital-microcontroller, dan seperti yang anda sampaikan, MOSFET adalah alternatif yang cukup bagus.

    BalasHapus
  19. DARDO JOMBANG12 Maret 2009 22.28

    ma,af mau tanya ada yg punya sekma DOBEL 4cx250B, beli soket nya di mana ya/ untuk dobel 4cx250 nya? selama ini aq coba pakek 1 cx 250b dgn out 225w, dgn plate 1700v, dgan driver c1947, atas bantuanya trimakash,,, hery_rsa@yahoo.com <<<< kalau ada kirim di sini yaa.

    BalasHapus
  20. Ya Mas win,sebenarnya kita bisa bernostalgia dengan tabung 6146 B untuk power dibawah 50 watt untuk bermain di FM,terasa bertele-tele mungkin untuk saat ini karena setara dengan power C 2630,tapi power drive yang kecil (2watt) dan rangkaian yang simple akan menimbulkan kepuasan yang lebih,atau mungkin njenengan sudah mencobanya? terlebih dengan tabung ini kita bisa rakit osilator fm /singgle tube dengan power kisaran 20 watt dengan Vplate 400 volt,125 mA.Ini kelebihan tabung dengan singgle stage mampu berdaya sebesar itu dan solite state bipolar rasanya sulit menandingi besarnya gain kecuali dengan kaskade yang lebih panjang.Sementara utk rekan yang bermasalah dengan RVR 1000 saya punya pengalaman begini,Power yang tidak optimal sering muncul dari koneksi soket yang kurang sempurna dikarenakan soket ini cepat kotor dan berdebu sebagai akibat tiupan blower.Disisi lain penjepit Grid tabung yang terbuat dari tembaga sering kotor atau bahkan putus solusinya kita perlu bongkar dan cuci soket dan kaki tabung yang yg akan dijepit. Variable Condensator yang kotor di bagian input juga sering jadi biang kerok rangkaian ini ,karena merubah nilai resonansinya.Dengan Excitter yang optimal +/- 25 watt pada saat normal sanggup utk men drive hingga output 800 watt.Sekian dari saya semoga bermanfaat,salam utuk rekan2 semua.DBE Cilacap.

    BalasHapus
  21. kok gambar doank, skemanya mana boss?

    BalasHapus
  22. Salam kenal pak WIN. Namaku Yadi di Lombok Tengah NTB. Pengetahuankua masih sangat terbatas. aku merakit power fm dengan TR 2782x2 yang di drive dg 1946. tapi kok power yang keluar max. 150 watt doang. itupun kalo lagi beruntung. Aku merakit berdasarkan coba2 dan membaca pengalaman teman disini. C yang saya gunakan adalah jenis trimer yang saya pesan dari Surabaya. maklum dilombok barang begutuan suliiit dicari sebab nilai C yang fix belum aku tahu. Aku pengin menggunakan C keramik agar FIX dan powernya tidak sering berubah-ubah. mohon bantuannya dikirimkan skema power 2xc2782 yang menggunakan C kermik. Terima kasih sebelumnya pak win
    yadik_ogank@yahoo.com

    BalasHapus
  23. Mas Win yang baik, saya menggunakan Icom IC 02N Saya ingin merakit sendiri Boosternya yang 100 watt, saya minta di kirimi gambar pcb dan skema serta komponen2, biar lebih mudah.

    Terimakasih banyak ya Mas Win.
    Saya tunggu e-mailnya di helmymarsela@gmail.com


    Salam

    Helmy marsela

    BalasHapus
  24. ah..banyak asap daripada apinya. Gak ada isinya.nih. Jadinya kayak halaman tukang cerita..

    BalasHapus
  25. ya seperti mulut lu itu !

    BalasHapus
  26. Bisa tolong dikirim gambar skema dan daftar komponennya. serta spesifikasi kalo ada penghitungan lilitannya. pak win, email saya (kusworo121170@yahoo.co.id) thank

    BalasHapus
  27. mas win apa bedanya transistor 2sc2782 dgn titik merah dan tanpa titik merah , mohon dijelaskan

    BalasHapus
  28. omong doang nehhh...

    BalasHapus
  29. Salam kenal mas Win, Bisa minta skema lengkap dan gambar /foto jadinya untuk Booster 200 wattnya?Bisa email ke saya arief.sudarmadi@gmail.com ? Thanks sebelumnya.

    BalasHapus
  30. Anda butuh resistor flange untuk combiner sampai 1000 watt
    resistor flange 250 watt / 100 ohm,harga: 250 ribu

    BalasHapus
  31. Mas a'kum, salam perkenalan! Saya kepingin utk merakit HF. Dimana sy bole mendapatkan diagramnya? Email saya zunnoon84@yahoo.com.my {9W2ZUN} 73!

    BalasHapus
  32. mas..aku minta skema dan daftar komponennya donk...aku pengen coba,email ku cokro40@yahoo.co.id

    BalasHapus
  33. Mau ngasih ilmu apa mau jualan ilmu, mbok kalau mau ngasih jangan tanggung-tanggung gini tho!. bener tuh yang kasih koment " CUMA OMONG DOANG"

    BalasHapus
  34. banyak bacot lu...

    BalasHapus
  35. wuasu kabeh.. ..

    BalasHapus
  36. Pak win kalo sistem combiner 4 transistor jumlah dan nilai R flangenya berapa pak win??

    BalasHapus
  37. mas salam kenal saya dari surabaya ,ingin membuat pemancar sendiri, minta tolong kalou bole minta skema blok/komponen serta lilitan,serta skema anten fm.{boster 100w}..sekian terima kasih

    BalasHapus
  38. mas maaf saya dari surabaya yg minta skema boster fm 100w ini alamat email saya mochamadcahyono@yahoo.com

    BalasHapus
  39. Salam kenal pak win, ak gatut dr banjarnegara ,minta tolong skema boster pemancar fmnya yang output 40 watt, kirimin ke email: gatutkartika@yahoo.co.id, sblum dan sesudahnya saya ucapkan byk terima kasih..trus jaya homebrew fm nya..

    BalasHapus
  40. pak win..ada rangkaian driver txmini? mail: imam_bapaknya_fahmi@yahoo.com

    BalasHapus
  41. kang win bgmn cara menggabungkan osc fet sk 192 dengan pll,sy punya osc fet yang handal aman,harmonik tidak ada.bisa main di semua frq vhf.nanti saya rangkai dengan tx boster 40 watt,mana yang bagus pakai ant 5/8 atau ant slim jim.bagi sobat hobi tx kontak: tukangservistv@yahoo.in

    BalasHapus
  42. pak, aku lg bingung niihhh.
    soalnya saya gak tau mau bilang apa????
    tolong pak berikan solusi buat saya.
    sblmnya trims yaaa paaaaakkk??.........

    BalasHapus
  43. pak, kenapa radio penerima fm saya terganggu saat saya pakai handphone (HP).
    Bunyinya: tretek tretek tretek.......dll.

    BalasHapus
  44. SOLUSINYA BUKA AJA BATREI HP NYA LALU MASUKKAN KEMBALI DALAM DOZ NYA ,SETELAH ITU ANDA KE COUNTER HP TER DEKAT. SILAHKAN JUAL HPNYA...AMAN KAN/////KWKWKWKWKW

    BalasHapus
  45. pak boss pinter kasi saya daftar komponen dan skema nya dong, terutama diametar kawat dan diameter lilitan rfc nya ke email saya: harrysuryajaya@yahoo.com. trims atas amal ibadah nya...

    BalasHapus
  46. Pak win, sya harry d papua,sya mo tanya klo mau merubah frek kerja untuk modul 50w memakai 1946 dan 2630 (buatan pak machmud) yg td nya d frek 106 mhz ke 87.5 mhz, apa aja yg hrs d rubah atau modifikasi, sy bahagia sekali andai pak win bisa memberi pencerahan nya untuk saya.. atau k alamat email sy jg gpp, radangeres@yahoo.com, suwun....

    BalasHapus
  47. pak ada g kit oscilator yg jd 1 sama receivernya mau saya pakai di frek 84 kalau ada harganya berapa?

    BalasHapus
  48. pak bisa pesen Rangkaiannya ini apa tidak.....???
    untuk transistor pasang sendiri pakai 2782 ganda....

    BalasHapus
  49. untuk pemancar siap apakai ukuran 150-200 watt berapa harga@ mas win.
    blas aja.. ke rannurky@yahoo.co.id

    BalasHapus
  50. kalau murah berdaya besar silahkan pakai transistor jenis pnp A1106 jumlah 4 biji,bisa keluar 500 watt.

    BalasHapus
  51. Pak salam kenal, saya dari SMKN BUER di NTB, minta tolong kalau bisa saya minta daftar komponent dan gambar rangkaian boosternya pak. kalau bisa dikirim ke email saya : istanabiru@ymail.com, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  52. Pak salam kenal, saya Adi dari Cibinong, minta tolong pak, bisa ga saya dikasih skema boster 2sc 2694 beserta daftar komponennya. kalau bisa dikirim ke email saya : adhyprasodjo@yahoo.co.id, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  53. Pak, salam kenal, saya lihat disini, gambar power FM 200W, tetapi tidak ada Skemanya, tolong pak kalau tidak keberatan kirimkan skemanya. melewati Email saya di gafurijoin@gmail.com.terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. WAH pak ada banyak ko pcb juga skema fm.. bahkan leihdari 200waat

      Hapus
  54. Selamat siang Pak Win, salam kenal dan Hallo juga untuk para master RF semuanya, boleh kah saya bertanya sedikit mengenai BLF??? Apakah BLF yang udah short salah satu gate-nya masih bisa digunakan??? Mohon infonya Pak Win.
    Terima kasih.
    Salam :
    Mangge Palu.

    22 Maret 2012 23:15

    BalasHapus
  55. Asalamkum.
    Salam kenal.
    Aku asegaf Dari cilegon. Boleh minta kirimkan skema dan cetak PCB ke imel aku. Butuh banget nie buster kayak gini.
    please n tanx
    Safrudin_Asegaf@yahoo.com

    BalasHapus
  56. Ass....salam kenal semua...ada yg tahu cara ngetune booster combiner C2782X2.aku coba tune masing masing 90watt,ko pas di gabung malah jadi kecil wattnya...o iya R FLANGE nya aku gk pake,cuma R biasa 5Watt..apa itu masalahnya ya...harus R flange atau apa?..barangkali ada rekan yg lbh senior/mahir/berpengalaman tlg dong kasih solusinya...klo ada kirim skema dan komponennya ke email saya nero.latanza@yahoo.com...trims so much

    BalasHapus
    Balasan
    1. (1)cek PS mampu tidak tuk 2xC2782.
      (2)jangan ngetrim 1 per 1 karena nilai capasitansi dan induktansi akan berubah ketika akan di gabungkan.
      (3)dititik feed pertemuan harus sefasa.
      (4)LPF

      Hapus